Toyota Calya berubah bentuk lho, segera hubungi Marketing kami untuk detailnya Dapatkan promo terbaik untuk pembelian unit baru & Paket service terbaik di bulan Oktober 2019 New Avanza Facelift 2019 Harga tidak berubah, info lebih lanjut kontak team Marketing kami Wira Toyota Banjarmasin, Wira Toyota Banjarbaru, Wira Toyota Palangkaraya
Menu
Model
Beranda » Pengetahuan Umum » Perbedaan Mobil Matic dan Manual dari segi Biaya Perawatan

Perbedaan Mobil Matic dan Manual dari segi Biaya Perawatan

Dipublish pada 31 July 2018 | Dilihat sebanyak 2.121 kali | Kategori: Pengetahuan Umum

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual. apa ya.? tapi sebelumnya kita akan bicara tentang kenyamanan. Nyaman itu mahal harganya. Prinsip ini berlaku juga bila memilih mobil matic. Nyaman dikendarai tapi merawat mobil matic dinilai banyak orang menguras isi kantong.

 

Perbedaan Mobil Matic dan Manual dari segi Biaya Perawatan

 

Pendapat itu tak salah. Maklumlah, bila transmisi matic sudah rusak, siap-siap saja menghitung berapa duit yang keluar untuk perbaikan. Tak jarang besarannya sampai belasan juta rupiah. Beda dengan transmisi manual yang minim perawatan dan jarang rusak. Paling banter ganti kanvas kopling.

Cuma jangan dilihat dari satu sisi saja. Sejatinya, dengan perawatan yang benar dan sesuai petunjuk pabrikan, transmisi matic bisa berumur panjang. Bahkan cenderung lebih awet dan tangguh daripada transmisi manual.

Jadi, buanglah kekhawatiran kalau punya mobil matic biaya perawatan dan perbaikannya supermahal. Itu pendapat dari mereka yang awam atau dari mereka yang pernah ‘bermasalah’ dengan mobil matic.

Lagi-lagi kuncinya ada di perawatan. Sayangnya, pemilik mobil kadang tak mengingat ini. Rata-rata baru sadar ketika mobil matic kesayangannya bermasalah. Entah kopling selip, sama sekali enggak responsif, sampai mencium ada aroma terbakar saat mobil dikendarai.

Padahal, perawatannya tak sulit kok. Cukup perhatikan volume oli dan disiplin mengganti oli matik secara berkala. Masalahnya hal ini sering luput karena seringkali pemilik mobil merasa tak masalah bila tak mengganti mobil matic.

Ganti oli adalah salah satu hal yang paling krusial nih untuk jaga performa mobil

Sebenarnya jika merujuk perawatan berkala rekomendasi pabrikan, batasan tempuh untuk penggantian oli transmisi mencapai 100 ribu km. Meski begitu tak ada salahnya diganti sebelum mencapai jarak tempuh itu. Alasannya, kinerja transmisi matic kerap ‘disiksa’ dalam kondisi kemacetan.

Tak perlu dikuras karena cukup ditambah saja dengan volume rata-rata 3 liter. Tapi kalau dana bukan jadi isu, tak ada salahnya dikuras oli transmisi bila mendekati jarak tempuh 100 ribu km.

Pada prinsipnya, penggantian lebih awal lebih baik, lebih sering lebih baik. Tapi, kalau terlalu sering jadi boros. Cukup dengan penambahan oli matic saja bisa menghemat duit antara Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribu dengan asumsi harga oli matic Rp 80 ribu/liter.

Dengan pemakaian normal dan perawatan yang baik, masalah di transmisi matic baru terjadi saat jarak tempuhnya di atas 100 ribu km atau sudah mencapai 5 tahun pemakaian. Atau dengan kata lain, selama masa waktu tersebut perawatan yang perlu dilakukan hanyalah mengganti oli matikc saja.

Beda kasus jika lewat 100 ribu km di mana ada kemungkinan mesti dilakukan overhaul atau turun transmisi. Biayanya sekitar Rp 5 jutaan sudah termasuk ongkos jasa. Angka itu bisa lebih murah jika mendapatkan bengkel yang baik dan mumpuni.

Menakar biaya perawatan mobil matic

Harus diakui, biaya penggantian oli transmisi matic plus servis berkalanya lebih mahal dari manual. Sebagai contoh Toyota Yaris. Bila mengacu pada buku panduan servis berkala, penggantian oli transmisi manual setiap 40 ribu km termasuk penggantian komponen sesuai ketentuan, mesti keluarkan dana Rp 1,3 jutaan.

Lain halnya dengan Toyota New Jazz versi matic di mana penggantian oli transmisi setiap kelipatan 60 ribu km. Total dana yang dibutuhkan plus biaya servis berkala sekitar Rp 1,4 jutaan.

Begitu pun dengan Toyota Avanza di mana versi transmisi manual mesti ganti oli transmisi setiap kelipatan 40 ribu km. Biayanya sekitar Rp 2 jutaan. Sementara Toyota Avanza versi matic juga mesti diganti oli transmisinya per 40 ribu km dengan biayanya Rp 2,1 juta.

Dari situ bisa terlihat kalau selisih biaya perawatan mobil matic dan manual tak terlalu besar. Jika hitung-hitungnya ditambahkan dengan efisiensi bahan bakar, transmisi matic lebih menang dibanding manual. Belum lagi nilai plus tambahannya di mana mengendarai mobil matic jauh dari rasa capek dan stres.

Untuk detail harga mobil Toyota baik Matic atau Manual terkini bisa klik link di bawah ini :
1. Pricelist Toyota Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah

Untuk Info & kabar berita terbaru dari Toyota :
1. Toyota jadi Official Car Partner Asian Games 2018 

3 komentar


Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 22

Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 24

Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 26

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Notice: Use of undefined constant rand - assumed 'rand' in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/functions/en/actions.php on line 451
Promo Toyota Banjarmasin Agustus 2018 | PT. Wira Megah Profitamas

Promo Toyota Banjarmasin Agustus 2018 | PT. Wira Megah Profitamas

Dipublish pada 27 July 2018 | Dilihat sebanyak 2.920 kali | Kategori: Info Promo

Promo Toyota Banjarmasin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah terupdate Agustus 2018. PT. Wira Megah Profitamas | Wira Toyota Selaku Authorized dealer Toyota area Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah #Jika anda membuka melalui Handphone, mohon miringkan handphone anda agar tulisan pada gambar... selengkapnya

Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali

Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali

Dipublish pada 4 August 2018 | Dilihat sebanyak 2.421 kali | Kategori: Pengetahuan Umum

Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali di pasaran.? mungkin itu adalah pertanyaan mendasar yang sering membuat anda bingung dalam menentukan pilihan anda terhadap warna mobil yang akan anda beli baik baru maupun bekas.   “Zaman Now” (begitulah kira-kira orang mendeskripsikan... selengkapnya

toyota banjarmasin promo kredit bunga 0%

Toyota Banjarmasin Promo Kredit Bunga 0%

Dipublish pada 18 September 2018 | Dilihat sebanyak 2.874 kali | Kategori: Info Promo

Toyota Banjarmasin, Toyota Banjarbaru, Kalimantan Selatan sedang ada promo kredit bunga 0%. Halo Toyota Lovers Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya, ada kabar gembira nih untuk anda semua yang berencana melakukan pembelian mobil Toyota dalam waktu dekat ini. Karena beberapa perusahaan pembiayaan... selengkapnya