Toyota Calya berubah bentuk lho, segera hubungi Marketing kami untuk detailnya Dapatkan promo terbaik untuk pembelian unit baru & Paket service terbaik di bulan September 2019 New Avanza Facelift 2019 Harga tidak berubah, info lebih lanjut kontak team Marketing kami Wira Toyota Banjarmasin, Wira Toyota Banjarbaru, Wira Toyota Palangkaraya
Menu
Model
Beranda » Toyota News » Evolusi Toyota Kijang, Mobil Keluarga Terbaik yang jadi Legenda

Evolusi Toyota Kijang, Mobil Keluarga Terbaik yang jadi Legenda

Dipublish pada 26 November 2018 | Dilihat sebanyak 1.853 kali | Kategori: Toyota News

Kilas Balik Toyota Kijang dari Kijang Kotak Sampai Innova Reborn

Halo Toyota Lovers Banua, pada kesempatan kita kali ini kami dari Wira Toyota akan mengulas sedikit sejarah. Atau mungkin juga bisa kita kategorikan dengan Nostalgia dengan Toyota Kijang, mobil yang sudah malang melintang di dunia persilatan Indonesia sekitar 40 tahun lamanya hingga kini.

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah memiliki, mengendarai atau minimal melihat Toyota Kijang di jalanan kota kita. Karena memang populasi Toyota Kijang yang luar biasa banyak serta siklus hidup Toyota Kijang yang hampir setengah Abad diluncurkan di pasar otomotif Indonesia. Tidak sedikit pula yang mengklaim bahwa Toyota Kijang ini merupakan mobil keluarga terbaik hingga saat ini.

Untuk lebih mengenal seperti apa sih Evolusi Toyota Kijang dari awal sampai kini, yuk kita cek bersama-sama :

Toyota Kijang Generasi 1

toyota kijang generasi 1

toyota kijang generasi 1 (1977 – 1982)

Toyota Kijang pertama diperkenalkan ke publik indonesia pada tahun 1975 di Pekan Raya Jakarta. Nama Kijang adalah singkatan dari Kerjasama Indonesia dengan Jepang. Pada Generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1977 mobil ini lebih dikenal dengan sebutan Kijang Bajul, atau Kijang Buaya.

Nama Kijang buaya ini sebenarnya diberikan oleh masyarakat karena pada saat kap mobil ini dibuka ke atas lebih menyerupai mulut buaya yang sedang menganga, apalagi kalo dilihat dari posisi samping kendaraan.

Sebagian besar part & fitur ini masih sederhana sekali. tampak disisi pintu masih belum menggunakan jendela kaca, hanya kain begitu.

Mesin kijang buaya ini menggunakan kode 3K, 1.200CC, OHV (Over Head Valve) dengan transmisi manual 4 kecepatan. Pertama kali mobil ini keluar masih bertype pick up dengan 2 (maksimal 3 penumpang).

Toyota Kijang Generasi 2

toyota kijang generasi 2

toyota kijang generasi 2 (1982 – 1986)

Toyota Kijang generasi kedua diluncurkan pada tahun 1982, yakni 5 tahun setelah generasi pertama mengaspal di jalanan Indonesia. Untuk yang generasi kedua ini memang pada gambar sudah merupakan mobil full cabin untuk 7 penumpang. Tapi jangan salah sangka, ternyata dari Toyota Aslinya masih pick up, namun dikaroseri menjadi Full Cabin sehingga menjadi seperti pada gambar diatas.

Sebagian orang mengenal Toyota Kijang generasi kedua ini dengan sebutan Kijang Doyok. Karena bentuknya mengingatkan pada tokoh Kartun bernama Doyok pada surat kabar populer pada saat itu. Bukan Kadir dan Doyok lho ya. 🙂

Mesin berkode 4K 1.300cc. namun pada tahun 1985 mesin ini mendapatkan perubahan dengan kode 5K dan naik menjadi 1.500cc. untuk transmisi pada saat itu masih menggunakan manual 4 percepatan.

Ada beberapa versi Kijang Doyok pada saat itu, yaitu : Beta, Tamara, Turangga, Targa GT dsb. Semua type tersebut bukan dari Toyota langsung, namun hasil olahan dari pihak karoseri untuk lebih bisa mencukupi keinginan pelanggan pada saat itu.

Toyota Kijang Generasi 3

toyota kijang generasi 3

toyota kijang generasi 3 (1986 – 1997)

Toyota Kijang generasi ke 3 ini merupakan yang paling terkenal diantara yang lain (terkecuali Innova). Pada generasi ketiga ini, Kijang dikenal dengan istilah Kijang Super. Sudah jauh lebih sempurna, bahkan penjualannya mencapai 492.123 unit sejak diluncurkan 1986-1996.

Mobil ini bisa mempertahankan umurnya hingga 11 tahun dari tahun 1986 hingga tahun 1997. pada generasi ke tiga ini Toyota sudah menggunakan plat body langsung tanpa melibatkan karoseri, atau full pressed body untuk versi MPV-nya. Pada Iklan Toyota Kijang pada waktu itu bahkan ada slogan atau embel-embel mobil yang bebas dempul. Hal ini dikarenakan pada generasi ke 1 dan ke 2, mobil MPV hasil karya karoseri memiliki dempulan yang cukup banyak sehingga menambah beban kendaraan antara 2-5 kg.  Wajar saja jika konsumsi bahan bakar Toyota Kijang generasi 1 dan 2 lebih boros bila dibandingkan dengan generasi yang ke 3 ini.

Pada awal kemunculan mobil ini dikenal dengan nama Kijang Super, yang berpindah konsep jadi mobil penumpang. Pada generasi ini terdapat beberapa versi lainnya, seperti ranger yang hanya memiliki 2 pintu, dan juga Grand Extra yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap.

Pada era ini terdapat pilihan mesin baru berkode 7K kapasitas 1.800cc, juga muncul transmisi matic atau manual, lalu mulai bermunculan pesaing-pesaing macam Mitsubishi Kuda, Isuzu Panther.

Toyota Kijang Generasi 4

toyota kijang generasi 4

toyota kijang generasi 4 (1997 – 2004)

Toyota Kijang generasi ke 4 diluncurkan pada tahun 1997. Generi ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Kijang Kapsul, hal ini dikarenakan bentuknya yang lebih tumpul dan membulat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pilihan mesin juga bervariatif : type 7K-E kapasitas 1.800cc full injection, type 1RZ-E kapasitas 2.000cc dan mesin diesel 2L kapasitas 2.400cc.

Fitur cukup lengkap pada generasi ini : sudah ada power window, power steering, speaker sudah menjadi standar bagi Kijang Kapsul MPV ini. Namun untuk versi pick up tidak tersedia fitur-fitur tersebut.

Pada Generasi ke 4 ini terdiri dari beberapa varian yang cukup populer : Untuk type Long Wheelbase ada type LX, LSX dan LGX, KRISTA sedangkan untuk Short Wheelbase ada type SX, SSX, SGX, RANGGA.

Untuk Detail-nya adalah sebagai berikut :

  • SX-LX
    Keduanya memiliki fitur yang sama, hanya saja LX lebih panjang 50cm. Fitur yang digunakan juga belum lengkap, tidak ada power steering, audio bahkan interior minim sekali. Bangku bagian belakan berhadapan, LX hanya ada dalam pilihan besnsin 1.800cc karburator
  • SSX-LSX
    Pada type ini sudah ada improve pada bagian jok dengan menggunakan bahan semi kulit, namun bagian belakang masih berhadapan.
  • SGX-LGX
    Untuk varian ini interior sudah dicover semua, pemakaian jok juga sudah menggunakan bahan fabric dan AC yang sudah double blower, velg Alloy 14 Inch, wiper belakang. Untuk LGX sudah memiliki power window, serta jok belakang yang sudah menghadap depan semua
  • KRISTA-RANGGA
    Ini adalah versi lengkap dari SGX dan LGX, karena ada tambahan overfender, warna dual tone dan juga penggunaan panel kayu lengkap beserta velg racing berwarna polished metal.

Produksi mobil ini berakhir pada tahun 2004 untuk MPV, sementara versi Pick up baru berakhir pada tahun 2007

Toyota Kijang Generasi 5

toyota kijang generasi 4

toyota kijang generasi 5 (2004 – 2015)

Generasi kelima Toyota mulai memperkenalkan Innova dimana mobil ini masih menggunakan DNA Kijang. Perubahan besar-besaran terjadi pada sisi interior, eksteror dan juga mesin. Kijang semakin mengukuhkan sebagai kendaraan keluarga dengan fitur kemewahan dalam Kijang Innova.

Kijang Innova mulai mengunakan mesin dengan teknologi VVT-i 2000 cc dengan jenis 1TR-FE berkatup 16 DOHC dengan tenaga yang jauh lebih besar daripada Kijang generasi sebelumnya, yaitu sebesar 136 hp, menggantikan jenis K/RZ Dan L pada generasi sebelumnya. Sementara untuk mesin diesel menggunakan jenis D4D atau juga disebut Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection.

Selama sembilan tahun Kijang Innova mengalami facelift sebanyak tiga kali yaitu Kijang Innova facelift pertama (September 2008-30 Juli 2011), Kijang Innova facelift kedua (30 Juli 2011-18 Agustus 2013) dan Kijang Innova facelift ketiga (18 Agustus 2013-November 2015).

Toyota Kijang Generasi 6

toyota kijang generasi 6

toyota kijang generasi 6 (2015 – sekarang)

Kijang Innova generasi keenam ini baru saja di perkenalkan publik Indonesia sekaligus dunia pada tanggal 23 November 2015. Kijang Innova mengusung nama Kijang All New Innova dengan slogan “The Legend Reborn”. Kijang Innova bertansforamsi menjadi kendaraan MPV dengan memanjakan keluarga Indonesia dengan fitur kemewahan.
Pada generasi Kijang Innova kedua ini Toyota mengubah line up yang ada pada generasi pertama Kijang Innova menjadi tiga varian yaitu G, V dan Q menghilangkan line up J, E sebagai varian paling bawah pada Kijang Innova generasi pertama.

Demikian sedikit sharing kami dari Wira Toyota terkait Toyota Kijang yang merupakan salah satu Legenda Mobil keluarga dari dulu hingga kini

Untuk Cek Harga Kijang Innova di Wira Toyota Bisa Klik Disini : Daftar Harga Toyota Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah

Semoga menambah wawasan kita bersama serta sebagai inputan bagi anda apabila ada rencana melakukan pembelian Toyota Kijang Innova dalam waktu dekat ini.

Untuk Detail Cabang Layanan Wira Toyota Bisa Klik Disini  :

 

INFO HARGA & DISKON WIRA TOYOTA  :

0821 7828 5000

Atau Klik dibawah ini untuk Chat via WhatsApp

Evolusi Toyota Kijang, Mobil Keluarga Terbaik yang jadi Legenda
diskon wira toyota besar

diskon wira toyota besar

Kunjungi artikel kami lainnya :

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual dari segi Biaya Perawatan

Dipublish pada 31 July 2018 | Dilihat sebanyak 808 kali | Kategori: Pengetahuan Umum

Perbedaan Mobil Matic dan Manual Perbedaan Mobil Matic dan Manual. apa ya.? tapi sebelumnya kita akan bicara tentang kenyamanan. Nyaman itu mahal harganya. Prinsip ini berlaku juga bila memilih mobil matic. Nyaman dikendarai tapi merawat mobil matic dinilai banyak orang... selengkapnya

Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali

Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali

Dipublish pada 4 August 2018 | Dilihat sebanyak 1.104 kali | Kategori: Pengetahuan Umum

Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali di pasaran.? mungkin itu adalah pertanyaan mendasar yang sering membuat anda bingung dalam menentukan pilihan anda terhadap warna mobil yang akan anda beli baik baru maupun bekas.   “Zaman Now” (begitulah kira-kira orang mendeskripsikan... selengkapnya

lomba gambar internasional toyota

Lomba Menggambar Toyota Bisa Trip ke Jepang 2019

Dipublish pada 21 September 2018 | Dilihat sebanyak 1.524 kali | Kategori: Toyota News

Toyota Dream Car Art Contest 2019 Hei Toyota Lovers. Khususnya warga Banua yang memiliki anak usia maksimal 15 tahun yang hobi gambar, punya daya imajinasi serta kreatifitas tinggi. Kami dari Wira Toyota mau menginformasikan bahwa  Toyota Astra Motor sedang mengadakan... selengkapnya