Toyota Calya berubah bentuk lho, segera hubungi Marketing kami untuk detailnya Dapatkan promo terbaik untuk pembelian unit baru & Paket service terbaik di bulan September 2019 New Avanza Facelift 2019 Harga tidak berubah, info lebih lanjut kontak team Marketing kami Wira Toyota Banjarmasin, Wira Toyota Banjarbaru, Wira Toyota Palangkaraya
Menu
Model
Beranda » Pengetahuan Umum » Mitos atau Fakta Kebiasaan Pemilik Mobil di Indonesia (Part. 1)

Mitos atau Fakta Kebiasaan Pemilik Mobil di Indonesia (Part. 1)

Dipublish pada 31 January 2019 | Dilihat sebanyak 1.930 kali | Kategori: Pengetahuan Umum

Salam hangat kami ucapkan untuk para Toyota Lovers. Khususnya pelanggan Toyota Kalsel & Toyota Kalteng, yang ada dalam wilayah Toyota Banjarmasin, Toyota Banjarbaru, Toyota Palangkaraya. Pada kesempatan kali ini kami dari Wira Toyota ingin sharing tentang “Mitos atau Fakta Kebiasaan Pemilik Mobil di Indonesia (Part 1), kenapa sih kok Part 1.? Karena kalo seluruh Mitos atau Fakta ini kita jadikan satu artikel bisa bikin Jari-nya admin keriting 🙂

mitos atau fakta bagian 1

mitos atau fakta bagian 1

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa terkadang kita sering melakukan hal-hal yang kita lihat  dari orang lain, meskipun kadang kita sendiri juga belum benar-benar tahu apakah itu adalah sesuatu yang benar atau hanya latah saja karena orang lain banyak yang melakukan itu.. hehe.. penasaran.?

Baca Juga : Perbedaan Avanza & Veloz terbaru 2019

Yuk kita langsung ke inti permasalahan. Berikut adalah beberapa hal yang sering kita lihat di sekitar kita yang terkadang sebagian dari kita juga ikut melakukannya. #Hayoo ngakuu.. 🙂

Mitos atau Fakta Kebiasaan Pemilik Mobil di Indonesia

Secara spesifik, berikut adalah praktik-praktik yang sering kita temui atau bahkan kita sendiri pernah lakukan :

  • Parkir mobil manual lebih aman dengan gigi Masuk #1 (MITOS)

Masuk gigi satu saat mobil parkir

Masuk gigi satu saat mobil parkir

Menurut sebagian pemilik mobil di Indonesia, saat kita parkir mobil dengan transmisi manual akan lebih baik apabila  perseneling dalam kondisi gigi masuk. Hal ini dipercaya akan membuat kondisi mobil lebih aman, terutama apabila sewaktu-waktu rem tangan kehilangan fungsi maka mobil tetap tidak bergerak karena tersangkut dengan transmisi.

Faktanya, untuk menjaga laju kendaraan, kondisi rem parkir atau rem tangan yang berfungsi baik saja sudah cukup untuk menjaga posisi kendaraan dalam kondisi diam. Hal ini termasuk ketika kendaraan harus menghadapi parkiran di jalan yang sedikit menanjak ataupun menurun. Justru tidak dianjurkan untuk memasukan gigi perseneling, apalagi kondisi parkir dalam kondisi miring, hal ini dikarenakan ada sangat banyak parts yang terlibat saat tranmisi masuk di gigi 1 misalnya, mulai dari roda gigi, pelat kopling, propeller shaft, dan masih banyak lainnya. Meski tidak seketika namun lambat laun parts ini dapat rusak karena keadaannya yang saling menahan.

  • Dalam kondisi mobil parkir di bawah matahari langsung, wiper diangkat keatas agar karet awet  #2 (MITOS)

wiper diangkat dibawah panas matahari

wiper diangkat dibawah panas matahari

Wiper adalah salah satu fitur pada mobil yang cukup vital, terutama pada saat kondisi hujan. Telah kita ketahui bersama bahwa fungsi utama wiper adalah untuk membersihkan kaca mobil (baik depan maupun belakang) dari kotoran, maupun air yang membasahi kaca sehingga membuat pandangan kita terhalang. Artinya bisa dibayangkan ya apabila mobil tidak memiliki wiper maka akan seperti apa kondisinya. hehe..

Hal yang sering kita temui pada masyarakat adalah terkadang ada pemilik mobil yang menarik tuas wiper ke atas (memisahkan karet wiper dengan Kaca). Hal ini diyakini bahwa dengan melakukan ini maka dapat mengistirahatkan tekanan karet wiper dengan kaca mobil sehingga karet wiper akan menjadi lebih awet dan memiliki durasi usia yang lebih panjang, terutama pada saat mobil terparkir dibawah terik matahari.

Padahal sebenarnya ini adalah Mitos atau kebiasaan yang salah. Karet wiper itu diciptakan dengan standard pabrikan yang bisa tahan dalam terik matahari meskipun setiap hari mobil dijemur selama 6 bulan berturut-turut.

Standard pabrikan untuk usia wiper mobil adalah 6 bulan. Artinya setelah 6 bulan berlalu entah dalam kondisi dibawah terik matahari maupun diangkat maka wiper sudah tidak akan bisa berfungsi dengan sempurna lagi. Jadi disarankan untuk mengganti karet wiper mobil anda setiap 6 bulan sekali

  • Tarik handbrake sampai terdengar bunyi gerigi lebih bagus dalam cengkeraman rem-nya  #3  (MITOS)

tarik handbrake sampai berbunyi krek

tarik handbrake sampai berbunyi krek

Memang bagi sebagian orang, suara krek atau bunyi gesekan pengait pada tuas rem tangan (handbrake) adalah suara yang nyaman didengar, serta pertanda bahwa rem tangan berada di posisi yang tepat sehingga bisa lebih aman dalam parkir mobil. Bahkan sampai ada yang bilang “kalo rem tangan ga berbunyi itu berarti belum afdol”.

Padahal kondisi rem tangan berbunyi itu menandakan bahwa kita tidak menekan tombol release pada gigi tuas rem sehingga terjadi gesekan yang menimbulkan bunyi krek. Dan apes-nya lagi, gesekan gigi tuas rem ini jika sering dilakukan maka akan membuat komponen dalam handbrake cepat aus dan akibatnya akan mengurangi daya cengkeram dalam penggunaan jangka panjang. So..apabila anda ingin rem tangan anda awet maka pastikan untuk menarik tuas rem sambil menekan tombol release, lalu lepaskan tombol release berbarengan dengan tuas rem apabila dirasa sudah cukup posisi pengeremannya.

  • Mobil terparkir dalam posisi ban depan tidak lurus bisa merusak Power Steering (unbalance)  #4 (MITOS)

parkir dalam kondisi ban tidak lurus

parkir dalam kondisi ban tidak lurus

Banyak pemilik mobil di Indonesia beranggapan bahwa posisi ban yang paling tepat pada saat parkir adalah dalam kondisi lurus. Kemudian tambahan kepercayaan bahwa pada saat parkir dalam kondisi ban depan tidak lurus maka akan menyebabkan kebocoran seal, kaki-kaki mobil tidak balance, kemudi tidak center atau bahkan powersteering rusak.

Jadi pemahaman seperti itu diatas hanyalah Mitos saja. Sebenarnya dalam posisi parkir, ban mobil tidak melulu harus lurus. Pada kondisi tertentu, posisi ban harus dibelokkan, misalnya parkir di jalan menanjak atau menurun. Umumnya memposisikan roda kemudi dalam keadaan lurus adalah untuk memudahkan kendaraan ketika parkir secara paralel maupun di tempat parkir yang memiliki lahan terbatas. Ini bertujuan agar mobil mudah dipindahkan.

Sementara parkir dengan membelokkan kemudi adalah sah-sah saja dan sangat diperlukan dalam situasi tertentu. Contoh ketika kita parkir di jalan tidak rata atau menanjak.

  • Goncang Mobil saat isi BBM membuat isi lebih banyak  #5  (MITOS)

goyang mobil saat isi bensin

goyang mobil saat isi bensin

Nah untuk yang ini terkadang agak lucu saat kita lihat di pom bensin ada yang goyang-goyang mobilnya saat isi bensin, hehehe. Kebiasaan untuk menggoncang-goncang body mobil pada saat isi bensin (biasanya sih ini dilakukan oleh para pengemudi yang ingin isi full tank pada kendaraanya). Ada beberapa orang yang percaya bahwa dengan menggoyang mobil saat isi  bensin dapat menyebabkan udara yang terjebak di tangki keluar. Sehingga tangki terisi bensin dengan maksimal.

Padahal kondisi yang sebenarnya tidaklah demikian. Kondisi tanki standar pabrikan pada mobil itu sudah di design sedemikian rupa untuk menghindari gelembung udara tersangkut dalam rongga tanki. Artinya pemahaman apabila mobil digoyang maka udara yg terjebak akan terbebas itu hanyalah Mitos.

Faktor kedua adalah berat jenis Bensin itu lebih tinggi dari Air, artinya kadar udara dalam tanki akan lebih cepat terbebas dan bergerak naik keluar dibandingkan dengan air.

Demikian sedikit sharing kami dari Wiratoyota terkait dengan Mitos atau Fakta Kebiasaan Pemilik Mobil di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Sesuai dengan judul-nya, artikel ini masih bersambung ke bagian selanjutnya.

Terimakasih sudah Mampir & Tunggu Lanjutannya di Postingan kami yang akan datang..!!!

 

Original Content by :
Mahfud Arief
Wira Toyota | PT. Wira Megah Profitamas

 

INFO HARGA & DISKON WIRA TOYOTA  : 

0821 7828 5000

Atau Klik dibawah ini untuk Chat via WhatsApp

Mitos atau Fakta Kebiasaan Pemilik Mobil di Indonesia (Part. 1)
 

Kunjungi artikel kami lainnya :

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
TOYOTA HADIAH RAMADHAN

Promo DP Ringan Toyota Banjarmasin

Dipublish pada 17 May 2019 | Dilihat sebanyak 444 kali | Kategori: Info Promo

Toyota Banjarmasin, Toyota Banjarbaru promo DP Ringan 2019 Ada kabar gembira nih untuk anda semua yang berencana melakukan pembelian mobil Toyota dalam waktu dekat ini. Segera ke Wira Toyota Banjarmasin, maupun Wira Toyota Banjarbaru, karena beberapa perusahaan pembiayaan kami sedang... selengkapnya

Wajib Dibaca Agar Tidak Tertipu Sales Mobil Nakal

Wajib Dibaca Agar Tidak Tertipu Sales Mobil Nakal

Dipublish pada 21 August 2018 | Dilihat sebanyak 1.302 kali | Kategori: Pengetahuan Umum

Wajib Dibaca Agar Tidak Tertipu Sales Mobil Nakal. Mungkin banyak diantara kita semua yang sering atau pernah mendengar kabar penipuan oleh pihak sales otomotif, khususnya sales mobil. pada kesempatan kali ini, kami dari Wira Toyota akan sedikit sharing terkait serba... selengkapnya

Gloria Jessica di Event Wira Toyota Banjarbaru Expo

Event Wira Toyota Banjarbaru Expo Pecah

Dipublish pada 10 September 2018 | Dilihat sebanyak 916 kali | Kategori: Toyota News

Sabtu tanggal 8 September 2018 kemarin telah berlangsung hari pertama event Wira Toyota Banjarbaru Expo 2018 di Q Mall Banjarbaru. seperti diketahui bersama bahwa event ini berlangsung selama 4 hari (tanggal 8 – 11 September 2018) dengan menghadirkan dua artis... selengkapnya