Perbedaan Mobil Matic dan Manual
Perbedaan Mobil Matic dan Manual. apa ya.? tapi sebelumnya kita akan bicara tentang kenyamanan. Nyaman itu mahal harganya. Prinsip ini berlaku juga bila memilih mobil matic. Nyaman dikendarai tapi merawat mobil matic dinilai banyak orang menguras isi kantong.
Pendapat itu tak salah. Maklumlah, bila transmisi matic sudah rusak, siap-siap saja menghitung berapa duit yang keluar untuk perbaikan. Tak jarang besarannya sampai belasan juta rupiah. Beda dengan transmisi manual yang minim perawatan dan jarang rusak. Paling banter ganti kanvas kopling.
Cuma jangan dilihat dari satu sisi saja. Sejatinya, dengan perawatan yang benar dan sesuai petunjuk pabrikan, transmisi matic bisa berumur panjang. Bahkan cenderung lebih awet dan tangguh daripada transmisi manual.
Jadi, buanglah kekhawatiran kalau punya mobil matic biaya perawatan dan perbaikannya supermahal. Itu pendapat dari mereka yang awam atau dari mereka yang pernah ‘bermasalah’ dengan mobil matic.
Lagi-lagi kuncinya ada di perawatan. Sayangnya, pemilik mobil kadang tak mengingat ini. Rata-rata baru sadar ketika mobil matic kesayangannya bermasalah. Entah kopling selip, sama sekali enggak responsif, sampai mencium ada aroma terbakar saat mobil dikendarai.
Padahal, perawatannya tak sulit kok. Cukup perhatikan volume oli dan disiplin mengganti oli matik secara berkala. Masalahnya hal ini sering luput karena seringkali pemilik mobil merasa tak masalah bila tak mengganti mobil matic.
Ganti oli adalah salah satu hal yang paling krusial nih untuk jaga performa mobil
Sebenarnya jika merujuk perawatan berkala rekomendasi pabrikan, batasan tempuh untuk penggantian oli transmisi mencapai 100 ribu km. Meski begitu tak ada salahnya diganti sebelum mencapai jarak tempuh itu. Alasannya, kinerja transmisi matic kerap ‘disiksa’ dalam kondisi kemacetan.
Tak perlu dikuras karena cukup ditambah saja dengan volume rata-rata 3 liter. Tapi kalau dana bukan jadi isu, tak ada salahnya dikuras oli transmisi bila mendekati jarak tempuh 100 ribu km.
Pada prinsipnya, penggantian lebih awal lebih baik, lebih sering lebih baik. Tapi, kalau terlalu sering jadi boros. Cukup dengan penambahan oli matic saja bisa menghemat duit antara Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribu dengan asumsi harga oli matic Rp 80 ribu/liter.
Dengan pemakaian normal dan perawatan yang baik, masalah di transmisi matic baru terjadi saat jarak tempuhnya di atas 100 ribu km atau sudah mencapai 5 tahun pemakaian. Atau dengan kata lain, selama masa waktu tersebut perawatan yang perlu dilakukan hanyalah mengganti oli matikc saja.
Beda kasus jika lewat 100 ribu km di mana ada kemungkinan mesti dilakukan overhaul atau turun transmisi. Biayanya sekitar Rp 5 jutaan sudah termasuk ongkos jasa. Angka itu bisa lebih murah jika mendapatkan bengkel yang baik dan mumpuni.
Menakar biaya perawatan mobil matic
Harus diakui, biaya penggantian oli transmisi matic plus servis berkalanya lebih mahal dari manual. Sebagai contoh Toyota Yaris. Bila mengacu pada buku panduan servis berkala, penggantian oli transmisi manual setiap 40 ribu km termasuk penggantian komponen sesuai ketentuan, mesti keluarkan dana Rp 1,3 jutaan.
Lain halnya dengan Toyota New Jazz versi matic di mana penggantian oli transmisi setiap kelipatan 60 ribu km. Total dana yang dibutuhkan plus biaya servis berkala sekitar Rp 1,4 jutaan.
Begitu pun dengan Toyota Avanza di mana versi transmisi manual mesti ganti oli transmisi setiap kelipatan 40 ribu km. Biayanya sekitar Rp 2 jutaan. Sementara Toyota Avanza versi matic juga mesti diganti oli transmisinya per 40 ribu km dengan biayanya Rp 2,1 juta.
Dari situ bisa terlihat kalau selisih biaya perawatan mobil matic dan manual tak terlalu besar. Jika hitung-hitungnya ditambahkan dengan efisiensi bahan bakar, transmisi matic lebih menang dibanding manual. Belum lagi nilai plus tambahannya di mana mengendarai mobil matic jauh dari rasa capek dan stres.
Untuk detail harga mobil Toyota baik Matic atau Manual terkini bisa klik link di bawah ini :
1. Pricelist Toyota Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah
Untuk Info & kabar berita terbaru dari Toyota :
1. Toyota jadi Official Car Partner Asian Games 2018
Panduan tepat bagi anda pemilik mobil berwarna putih Pastikan bagi anda yang memiliki mobil berwarna putih memahami betul fakta bahwa warna mobil anda adalah warna spesial yang membutuhkan perawatan ekstra agar warna tetap terjaga sebagaimana mestinya. Disini kita akan sampaikan... selengkapnya
Wajib Dibaca Agar Tidak Tertipu Sales Mobil Nakal. Mungkin banyak diantara kita semua yang sering atau pernah mendengar kabar penipuan oleh pihak sales otomotif, khususnya sales mobil. pada kesempatan kali ini, kami dari Wira Toyota akan sedikit sharing terkait serba... selengkapnya
Toyota Banjarmasin, Toyota Banjarbaru promo DP Ringan 2019 Ada kabar gembira nih untuk anda semua yang berencana melakukan pembelian mobil Toyota dalam waktu dekat ini. Segera ke Wira Toyota Banjarmasin, maupun Wira Toyota Banjarbaru, karena beberapa perusahaan pembiayaan kami sedang... selengkapnya
4 komentar
Terimakasih sudah berbagi informasi,sangat bermanfaat.
Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 22
Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 24
Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 26